israel

Kontroversi hubungan Indonesia-Israel

 The controversy over the need to open ties with Israel was reflected in widespread demonstrations reaching Bandung and Cirebon in WestJava to Padang in West Sumatra. JAKARTA (JP): Kontroversi atas perlu membuka hubungan dengan Israel tercermin dalam demonstrasi yang meluas mencapai Bandung dan Cirebon di Jawa Barat ke Padang di Sumatera Barat. Resistance was displayed by several Muslim organizations, students and members of the House of Representatives (DPR). Perlawanan ini ditampilkan oleh beberapa organisasi Islam, mahasiswa dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). But there were also those who were in favor of the plan. Tapi ada juga orang yang mendukung rencana.
Those who resisted based their argument on the fact that Israel was stillcolonizing and trampling on the Palestinians, and that it would not conformto Resolution no. Mereka yang menolak mendasarkan argumen mereka pada kenyataan bahwa Israel stillcolonizing dan menginjak-injak Palestina, dan bahwa hal itu tidak akan conformto Resolusi no. 242 and 338 of the United Nations Security Council. 242 dan 338 Dewan Keamanan PBB. This resolution urges Israel to withdraw from the Arab/Palestinian territory they have occupied since the wars of 1967 and 1973. Resolusi ini mendesak Israel untuk menarik diri dari wilayah / Arab Palestina mereka telah diduduki sejak perang tahun 1967 dan 1973.
Those who supported the plan said relations with Israel had already been conducted, albeit not in the open. Mereka yang mendukung rencana itu mengatakan hubungan dengan Israel telah dilakukan, meskipun tidak di tempat terbuka. They also said the existence of the Israeli state could not be denied and that trading with Israel would be no different than trading with any other country. Mereka juga mengatakan keberadaan negara Israel tidak dapat dipungkiri dan perdagangan dengan Israel akan tidak berbeda dengan perdagangan dengan negara lain.
The issue of Indonesian-Israeli ties resurfaced not long after the new Cabinet of President Abdurrahman Wahid (Gus Dur) was formed; Gus Dur and Foreign Minister Alwi Shihab mentioned their wishes to open ties with Israel although only at the level of economic and trade links. Masalah hubungan Indonesia-Israel muncul kembali tidak lama setelah kabinet baru Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dibentuk, Gus Dur dan Menteri Luar Negeri Alwi Shihab tersebut keinginan mereka untuk membuka hubungan dengan Israel meskipun hanya pada tingkat hubungan ekonomi dan perdagangan . Their intentions were based on at least three factors: Gus Dur and Alwi wished tobe considered consistent in their high commitment to pluralism and inter-faith tolerance, opening trade ties with Israel would be a kind of ""short cut"" to local economic recovery and by opening ties with Israel, Jakarta hoped to help the settlement of the Middle East conflict. niat mereka didasarkan pada setidaknya tiga faktor: Gus Dur dan Alwi berharap tobe dianggap konsisten dalam komitmen yang tinggi untuk pluralisme dan toleransi antar-agama, membuka hubungan dagang dengan Israel akan menjadi semacam "" jalan pintas "" untuk pemulihan ekonomi lokal dan dengan membuka hubungan dengan Israel, Jakarta diharapkan dapat membantu penyelesaian konflik Timur Tengah.
At first Gus Dur and Minister Alwi wanted to open diplomatic ties betweenthe two countries. Pada Gus Dur pertama dan Menteri Alwi ingin membuka hubungan diplomatik betweenthe kedua negara. But with reactions in the country rejecting such statements and also the objections of a number of Arab country envoys, Gus Dur stated he would not open diplomatic ties with Tel Aviv until the Jewishstate recognized the independence of Palestine. Tapi dengan reaksi di negara menolak pernyataan tersebut dan juga keberatan dari sejumlah utusan negara Arab, Gus Dur menyatakan ia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Tel Aviv sampai negara Yahudi itu mengakui kemerdekaan Palestina. Indonesia would then only open economic and trade ties with Israel. Indonesia kemudian hanya akan membuka hubungan ekonomi dan perdagangan dengan Israel. But what really would have been the advantages and disadvantages of trade ties with Israel? Tapi apa yang sebenarnya akan menjadi keuntungan dan kerugian dari hubungan perdagangan dengan Israel?
The advantages for Indonesia would be: 1) to pressure Arab states into helping Indonesia's economic recovery; 2) to gain Israeli weaponry or military equipment at relatively cheaper prices; 3) to have Indonesia recognized as the largest country with a majority of Muslims who were moderate, although led by a kyai (religious teacher); 4) that formal ties with Israel was better than the current less visible relations; 5) businessnetworks would be expanded in the Middle East; 6) to attract Jewish-American investors or conglomerates to Indonesia; 7) to increase Indonesia's lobbying power in the international arena; 8) George Soros, theJewish international broker, would hopefully no longer ""disturb"" the economy; 9) the United States -- Israel's main ally -- would hopefully helpto maintain the Indonesian unitary state, in view of rumors that ""foreign powers"" had a part in trying to tear Indonesia apart. Keuntungan bagi Indonesia akan: 1) untuk menekan negara-negara Arab ke dalam membantu pemulihan ekonomi Indonesia; 2) untuk mendapatkan persenjataan Israel atau peralatan militer dengan harga yang relatif lebih murah, 3) untuk memiliki Indonesia dikenal sebagai negara terbesar dengan mayoritas Muslim yang moderat, meskipun dipimpin oleh a) kyai agama (guru; 4) yang ikatan formal dengan Israel adalah lebih baik daripada kurang terlihat hubungan arus; 5) businessnetworks akan diperluas di Timur Tengah, 6) untuk menarik investor Yahudi-Amerika atau konglomerat untuk Indonesia; 7) untuk meningkatkan daya di Indonesia lobi di arena internasional; 8) George Soros, pialang internasional theJewish, akan mudah-mudahan tidak lagi "" mengganggu "" ekonomi; 9) Amerika Serikat - sekutu utama Israel - diharapkan akan helpto mempertahankan negara kesatuan Indonesia, mengingat desas-desus bahwa "" kekuatan asing "" memiliki peranan dalam mencoba merobek Indonesia terpisah.
Ties between Israel and Indonesia would also give at least three benefitsto Tel Aviv: first, Israel would gain larger political and economic access to Southeast Asia for free; second, Israel would increase its bargaining position to the Arab and Muslim World; third, such ties would ease Israel'spolitical and economic access to other Muslim regions as Indonesia has theworld's largest Muslim population. Hubungan antara Israel dan Indonesia juga akan memberikan setidaknya tiga benefitsto Tel Aviv: pertama, Israel akan mendapatkan akses politik dan ekonomi yang lebih besar untuk Asia Tenggara gratis, kedua, Israel akan meningkatkan posisi tawar terhadap Arab dan Muslim Dunia; ketiga, ikatan tersebut akan kemudahan Israel'spolitical dan akses ekonomi ke daerah Muslim lainnya karena Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar theworld.
However, the disadvantages to Indonesia would include: 1) widespread domestic controversy which would be counterproductive to national economic recovery; 2) the potential for a further split in society; 3) Gus Dur wouldbe considered to have ""betrayed"" Muslim political forces, especially those in the ""axis force"" which helped him become president; 4) suspicions wouldarise that Gus Dur was trying to shift public attention to the main reform agenda which is so far not settled (collusion, corruption, nepotism, Soeharto, the military's dual function, regional autonomy and so forth); 5)Indonesia would be considered -- especially by Middle East countries still rejecting Israel -- as being inconsistent with supporting the struggle of the Palestinian nation; 6)Indonesia would be considered to have betrayed its own Constitution which explicitly rejects all forms of colonialism on earth; 7) the potential disruption of economic and political ties between Indonesia and the Arab World. Namun, kerugian untuk Indonesia akan mencakup: 1) kontroversi dalam negeri luas yang akan menjadi kontraproduktif bagi pemulihan ekonomi nasional; 2) potensi perpecahan lebih lanjut dalam masyarakat; 3) Gus Dur wouldbe dianggap memiliki "" mengkhianati "" kekuatan politik Muslim , terutama dalam "kekuatan poros" "" yang membantunya menjadi presiden; 4) wouldarise kecurigaan bahwa Gus Dur mencoba mengalihkan perhatian publik terhadap agenda reformasi utama yang sejauh ini belum diselesaikan (kolusi, korupsi, nepotisme, Soeharto, fungsi ganda militer, otonomi daerah dan sebagainya); 5) Indonesia akan dianggap - terutama oleh negara-negara Timur Tengah masih menolak Israel - sebagai tidak konsisten dengan mendukung perjuangan bangsa Palestina; 6) Indonesia akan dianggap memiliki mengkhianati konstitusinya sendiri yang secara eksplisit menolak semua bentuk kolonialisme di bumi; 7) potensi gangguan hubungan ekonomi dan politik antara Indonesia dan Dunia Arab.
Given the above factors, for further deliberation it would do no harm forthe Gus Dur government to look at the following aspects: Mengingat faktor di atas, untuk dibahas lebih lanjut itu akan tidak melakukan forthe merugikan pemerintah Gus Dur untuk melihat aspek-aspek berikut:
Firstly, the Palestine-Israel issue contains political and religious aspects, which needs extra caution in related policies; Pertama, masalah Palestina-Israel berisi aspek-aspek politik dan agama, yang membutuhkan ekstra hati-hati dalam kebijakan yang terkait;
Secondly, President Gus Dur and Foreign Minister Alwi should intensify dialog with various groups in society -- such as the House of Representatives, universities and mass organizations -- before deciding to embark on any formal ties with Israel. Kedua, Presiden Gus Dur dan Menteri Luar Negeri Alwi harus meningkatkan dialog dengan berbagai kelompok dalam masyarakat - seperti DPR, perguruan tinggi dan organisasi massa - sebelum memutuskan untuk memulai pada setiap ikatan formal dengan Israel. Even trade ties are considered a bridge to diplomatic ties, as in the case of Indonesia and the People's Republic of China. Bahkan hubungan perdagangan dianggap sebagai jembatan untuk hubungan diplomatik, seperti dalam kasus Indonesia dan Republik Rakyat Cina.
Thirdly, we should first learn from other countries which have opened political and economic ties with Israel such as Turkey, Egypt and Jordan. Ketiga, pertama kita harus belajar dari negara-negara lain yang telah membuka hubungan politik dan ekonomi dengan Israel seperti Turki, Mesir dan Yordania. Is it true that their economies improved after having ties with Israel? Apakah benar bahwa ekonomi mereka meningkat setelah hubungan dengan Israel?
Fourthly, let Palestine and Israel first settle their negotiations for peace, scheduled to reach the final stage in September 2000. Keempat, biarkan Palestina dan Israel pertama menyelesaikan negosiasi mereka untuk perdamaian, dijadwalkan untuk mencapai tahap akhir pada bulan September 2000.
In this era of reform, the government should open itself to aspirations from the public. Dalam era reformasi, pemerintah harus membuka diri untuk aspirasi dari masyarakat. History shows that arrogance resulting from power frequently becomes a boomerang to the power itself. Sejarah menunjukkan bahwa arogansi akibat kekuasaan sering menjadi bumerang untuk kekuasaan itu sendiri.

from:  http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.thejakartapost.com/news/1999/11/20/controversy-over-indonesiaisrael-relations.html&ei=JU2kTYHCNdHwrQearbDiCQ&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=2&ved=0CCgQ7gEwAQ&prev=/search%3Fq%3Dindonesia-israel%2Brelations%26hl%3Did%26client%3Dfirefox-a%26hs%3DSQJ%26rls%3Dorg.mozilla:en-US:official%26prmd%3Divns

0 Response to "israel"

Posting Komentar

125x125 Ads1
get it for your personal library!!!
125x125 Ads2
جعل لكم باردة ، وبالنسبة للأشخاص الذين أراكم
fatihazka@2011. Diberdayakan oleh Blogger.
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme